Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan formal yang bertujuan menghasilkan lulusan yang terampil, mandiri, dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Kesiapan kerja penting dimiliki oleh siswa SMK untuk memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh praktik kerja industri, bimbingan karier, dan lingkungan keluarga baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian sebanyak 619 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 161 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diuji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh prakerin, bimbingan karier, lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Hasil uji sobel, efikasi diri dapat memediasi pengaruh prakerin, bimbingan karier dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja.