Pengembangan Instrumen Penilaian Mata Pelajaran PKn Standar Kompetensi Memahami Kedaulatan Rakyat Dalam Sistem Pemerintahan di Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Soleh
Muhammad Khumaedi
Suwito Eko Pramono

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian harus memenuhi unsur validitas dan reliabilitas agar menjadi instrumen penilaian yang baik (standar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis instrumen penilaian mata pelajaran PKn Standar Kompetensi Memahami Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan di Indonesia  untuk peserta didik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama yang valid dan reliabel. Pengembangan instrumen penilaian mata pelajaran PKn dikembangkan dengan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian Djemari Mardapi dengan sedikit modifikasi.  Teknik analisis data pada tahap pengembangan instrumen untuk mencari validitas isi dengan menggunakan metode analisis indek validitas dengan V indeks dari Aiken, untuk mencari indek reliabilitas isi dengan metode analisis anova dua jalur dengan rumus C. Hoyt (1941). Pada tahap uji coba lapangan, untuk mencari indek validitas konstrak dianalisis dengan metode analisis faktor,  untuk mencari indek reliabilitas dianalisis dengan metode alfa Cronbah. Kreteria penerimaan validitas sebesar 0,3 kreteria reliabilitas sebesar 0,5.       Pada tahap pengembangan instrumen, hasil analisis validitas isi menunjukkan bahwa semua instrumen  sudah sesuai dengan indikator, untuk indeks reliabilitas isi juga telah memenuhi kreteria yang ditetapkan. Hasil analisis indeks validitas konstrak uji coba 1 sebesar 0,619 dan uji coba 2 sebesar 0,646. Hasil analisis indeks reliabilitas instrumen uji coba 1 sebesar 0,627 dan uji coba 2 sebesar 0,643. Hasil tersebut sudah lebih besar dari kreteria yang ditetapkan. Kesimpulannya Instrumen penilaian PKn yang dikembangkan sudah memenuhi kreteria sebagai instrumen yang valid dan reliabel.


The development of assessment instruments must fulfill elements of validity and reliability. Elements of validity and reliability are a prerequisite for being a good assessment instrument (standard). The purpose of this study is to describe and analyze assessment instruments of PKn subject, Competency Standards Understanding Sovereignty of the People in the Government System in Indonesia for 8th grade students Junior High School  valid and reliable. The development of assessment instruments PKn subjects based on the content on the standard of competence "to understand the sovereignty of the people in the system of government in Indonesia for ". The development of assessment instruments of PKn subject was developed by using steps Djemari Mardapi assessment instruments with minor modifications. Data analysis techniques in developing instruments was to search for content validity, by using a validity index analysis method with V index of Aiken, to search the contents of the reliability index using analysis method ANOVA two lanes of formula C. Hoyt (1941). During field trials, to search index construct validity was analyzed by factor analysis, to look for the reliability index was analyzed by alfa cronbah method. The results of the data analysis at this stage of development of instruments were obtained content validity suitable with indicators, to index the contents of the reliability  suitable with date of creteriants. The results of the analysis of first trial construct validity index is 0.619 and second trial is 0.646. The results of the analysis instrument reliability index of first trial is 0.627 and second trial is 0,643. The results are greater than the stated criteria. In conclusion development of PKn Assessment instruments has been fulfilled the criteria as a valid and reliable.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##