PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tri Kusumawati

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui penilaian afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak yang dilaksanakan, serta mengembangkan instrumen penilaian ranah afektif yang keefektifannya teruji dan menghasilkan instrumen penilaian afektif yang valid reliabel.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah R and D dengan mengadaptasi prosedur pengembangan dari Borg dan Gall tanpa tahapan yang terakhir yaitu diseminasi dan implementasi.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif meliputi uji validitas menggunakan product momen, uji reliabilitas menggunakan alfa cronbach serta uji generalisabilitas antar rater. Pengembangan instrumen dalam penelitian ini meliputi instrumen angket skala sikap, instrumen observasi dan instrumen wawancara. Instrumen penilaian afektif diujicobakan secara terbatas dengan subyek ujicoba 10 siswa, ujicoba lanjutan 20 siswa dan diujicoba lapangan sebanyak 53 siswa yang merupakan siswa kelas V MIT Nurul Islam Semarang. Hasil pengujian menyatakan bahwa instrumen penilaian afektif meliputi instrumen angket skala sikap, instrumen observasi dan instrumen wawancara, terbukti valid dan reliabel berdasar data empiris di lapangan.Temuan penelitian direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh guru dalam pelaksanaan penilaian afektif yang sistematis terarah agar lebih obyektif dan komprehensif untuk menghasilkan penilaian yang bermakna sejalan dengan tujuan dan fungsi penilaian afektif.

This study aims to determine the assessment of affective subjects Aqidah Morals conducted during this assessment instruments and develop the affective domain, which tested their effectiveness and produce a affective assessment instruments valid and reliable.The research approach used is R and D to adapt of the development procedure Borg and Gall without the last stage is dissemination and implementation. Data was analyzed by descriptive qualitative and quantitative includes the validity test of using the product moment, reliability test of Cronbach alpha and generalizabilitytest inter-rater. The development instrument in this study include the attitude scale questionnaire instrument, the instrument of observation and interview instruments. Affective assessment instruments tested were limited to subjects testing 10 students, 20 students advanced trial and field tested by 53 students which is a class V student of MIT Nurul Islam Semarang. The test results stated that the assessment instruments include instruments affective attitude scale questionnaire, observation instruments and instrument interview proved valid and reliable in the field based on empirical data.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Borg, W.R.& Gall,M.D. 1983. Educational Research and Introduction. New York & London: Longman

Depdiknas.2008, Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Guilford, J.P., Benjamin Fruchter, 1956, Fundamental Statistic in Psychology and Education, 5Thed, Tokyo: Mc-Graw-Hill.

Krathwohl, at all. 1964. Taxonomy of Educational Objectives. Book II: Affective Domain. London: Longman Group.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

----------------- 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Rachman, M. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral Dalam Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif.Campuran. Tindakan Dan Pengembangan. Unnes.

Sudijono, A. 2010.Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Suyanto, 2010.Refleksi Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.