Abstract

Kegiatan Pembelajaran Sosiologi di SMA selama ini masih mengunakan metode yang monoton dalam kelas sehingga siswa kesulitan memahami dan mencerna materi karena sebatas penjelasan dan gambaran dari guru,  model pembelajaran jelajah alam sekitar lebih berdekatan dengan alam dan memahami masalah sosial secara langsung dan diharapkan memberikan wawasan pengetahuan yang berupa fakta - fakta konsep tapi juga menjadi wacana siswa untuk mempelajari budaya masyarakat setempat dan pola pembelajarannya meberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahResearch and Development (R&D). Tahapan penelitian yang digunakan meliputi (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap validasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Mranggen, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis dengan tehnik diskriptif,  kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan Pengembangan model jelajah alam sekitar belum digunakan pada peneliti sebelumnya dalam mata pelajaran IPS. Hasil produk penelitian berupa sintak jelajah alam sekitar, RPP jelajah alam sekitar dan video pembelajaran jelajah alam sekitar yang memenuhi standar kelayakan dan uji efektifitas karena telah memenuhi kriteria : (1) penilaian validator materi, (2) hasil uji coba pada peserta didik tuntas secara klasikal dan (3) tanggapan peserta didik baik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran sosiologi berbasis jelajah alam sekitar yang memenuhi kriteria valid dan efektif digunakan untuk memecahkan masalah - masalah sosial siswa SMA.