Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang (1) mengetahui konstruksi sosial guru IPS, (2) Implementasi pembelajaran guru di Kelas, (3) Paradigma kepala sekolah tentang pembelajaran IPS.Metode penelitian menggunakan kualitatif, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menggali substansi mendasar dibalik fakta yang terjadi pada guru IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS mengkonstruksikan IPS menjadi empat konstruksi, (1) IPS adalah ilmu pengetahuan sosial yang peserta didik diharuskan bisa bersikap sosial yang baik sebagai perwujudan dari ilmu pengetahuan sosial, (2) IPS adalah mengkaji kehidupan sehari-hari dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat, (3) IPS adalah mengkaji tentang hubungan manusia baik individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok, (4) IPS adalah mata pelajaran yang di dalamnya ada mata pelajaran sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi.

 

This study describes the purpose of (1) determine the social construction of social studies teachers, (2) Implementation of teacher learning in class, (3) the principal of the learning paradigm of social studies. Using qualitative research methods, the main purpose of this study was to explore the fundamental substance behind the facts that occurred in social studies teacher. The results showed that teachers of social studies constructs into four construction, (1) social studies is a social studies that students are required to be good social as the embodiment of social studies, (2) social studies is reviewing everyday life and social problems that exist in the community, (3) social studies is to examine whether individual human relationships with individuals, groups of individuals and groups with the group, (4) social studiess are subjects in which there is the eye the lessons of history, geography, sociology and economics