PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN INQUIRY

Main Article Content

Lisna Handayani
Joko Widodo
Dewi Liesnoor Setyawati

Abstract

Tujuan  penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPS dengan Pendekatan Inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah Borg and Gall yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu pendahuluan, pengembangan dan validasi. Data yang diperoleh adalah hasil belajar, aktivitas diskusi dan respon peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Penggunaan pendekatan inquiry sebagai salah satau strategi pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan mempersiapkan terlebih dahulu perangkat pembelajarannya. Hasil pengembangan divalidasi oleh pakar, diujicobakan pada kelas terbatas dan selanjutnya dilakukan ujicoba pada kelas eksperimen yang dibandingkan hasilnya dengan kelas kontrol. Perangkat pembelajaran tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Jepara, terbukti dari adanya peningkatan yang nyata terbukti dari hasil uji paired sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, dan terjadi peningkatan yang tinggi (gain > 0,7), serta hasil belajar yang dicapai berbeda secara signifikan dengan kelompok kontrol. Di samping hasil belajar, pembelajaran yang dilakukan juga berdampak pada proses belajar yang membawa tingginya aktivitas peserta didik dalam memberikan gagasan, kerjasama, inisiatif, keaktifan dan kedisiplinan.

 

The purpose of this research is creating Social Lesson Material with Inquiry Approach.This developing of the research is used of  the steps of Borg and Gall. They are Introducing, developing and evaluating. Learning materials are developed and validity by expert. Datas are gooten by study result, discussion activity and students, respone. Analizing datas are used descriptive analize and t- try out. The use of inquiry approach as one of learning strategy on Social Lesson Material can be done by preparing those. The result of  developing are being validity by expert,  try out on limited group and experiment group ad compare with control group. Learning materials are effective for developing the result of learning students process on the seventh grade of SMP Negeri 2 Jepara, It is proved on the real developing of the result of t-test dengan nilai significant grade  0,000 <0,05, and there is a higher developing (gain > 0,7)

Article Details

How to Cite
Handayani, L., Widodo, J., & Liesnoor Setyawati, D. (1). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN INQUIRY. Journal of Educational Social Studies, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6863
Section
Articles

References

Depdikbud. 2002. Model-model Pembelajaran. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta:PGSM.
Marin, Lisa M. & Halpern, Diane F. 2010. Pedagogy for developing critical thinking in adolescents: Explicit instruction produces greatest gains. Thinking Skills and Creativity 6 (2011) 1–13. journal homepage: http://www.elsevier.com /locate/tsc. Available online 16 September 2010
Samsudi, 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Sanjaya, Wina. (2008), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan., Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Grup.

Most read articles by the same author(s)