Abstract

Abstrak

Penulisan ini mengkaji tentang pendidikan karakter di pesantren Darul Falah. Penlisan ini dilatarbelakangi urgensi pesantren sebagai tempat pengembangan pendidikan karakter. Tujuan penelitian mengkaji: nilai-nilai karakter yang terdapat pada santri pesantren Darul Falah; mengetahui peranan Pesantren Darul Falah dalam mengembangkan aspek  pendidikan karakter bagi para santrinya; dan mengetahui metode dan strategi pesantren untuk membentuk karakter santri. Jenis metode penelitian yang digunakan menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitati. Data diperoleh melalui instrumen seperti test, kuesioner, pedoman wawancara. Dimaksudkan untuk memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola, dan teori (Sugiyono 2006). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi. Dalam penulisan ini hendak disajikan nilai karakter khas santri pesantren Darul Falah, yaitu: kepatuhan, kemandirian (self-sufficiency), kedisiplinan (discipline), keikhlasan (Unselfishness) dan kesederhanaan (Simple Living), serta kebersamaan (islamic brotherhood) banyak dipengaruhi oleh kepemimpjnan kiai dan motivasi tau kesadaran religius santri sendiri. Sedangkan metode yang diterapkan dalam membentuk perilaku santri Darul Falah ada empat macam, yaitu:  metode keteladanan (Uswah Hasanah); metode kedisiplinan;) metode latihan dan pembiasaan; metode nasehat (mauidzah) dan Ibrah (mengambil pelajaran).