Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar ekonomi pada peserta didik SMA Negeri 3 Demak. Salah satu model pembelajaran ekonomi yang diharapkan dapat mengkondisikan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, bermakna dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) membuat produk bahan ajar materi permintaan dan penawaran dengan pendekatan metakognisi yang valid, 2) mengetahui efektifitas belajar peserta didik pada materi permintaan dan penawaran dengan pendekatan metakognisi. Subjek uji coba bahan ajar CD interaktif dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Demak sebanyak 35 siswa dengan kemampuan akademik yang beragam. Sebagai instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah 1) Tahap validasi ahli materi dan ahli multimedia pembelajaran terhadap CD interaktif 2) lembar angket peserta didik pembelajaran pendekatan metakognisi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap hasil penilaian validator terhadap bahan ajar CD interaktif. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan yang telah dimodifikasi, dihasilkan bahan ajar CD interaktif valid setelah melalui proses validasi yang ditetapkan oleh orang ahli/pakar dibidangnya dengan nilai rata-rata 3,60. Hasil uji coba CD interaktif dan pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa a) pengembangan bahan ajar dan pelaksanaan pembelajaran ekonomi berhasil menuntaskan prestasi belajar peserta didik secara klasikal pada batas KKM 75 dengan rata-rata 77,25 b) Ketrampilan proses peserta didik dalam pembelajaran ekonomi secara nyata dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan besarnya pengaruh ketrampilan proses sebesar 85,4. Hal ini menunjukkan prestasi belajar peserta didik akibat pembelajaran ekonomi lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional. Saran yang diajukan adalah bahan ajar hendaknya memenuhi kriteria efektif, efisien dan up to date.

 

The low achievement in economics subject in SMA Negeri 3 Demak is the main reason to carry out this study. This study aims to 1) design teaching materials on requesting and bargaining by metacognitive approach, 2) know the effectiveness of the teaching materials on requesting and bargaining by metacognitive approach.Subject of the study is 35 students of grade X of SMA Negeri 3 Demak. Data are collected by 1) validating the materials by experts 2) questionnaire to the students. Data are then analyzed descriptively.Validation by experts reaches 3,60 in average. Results reveal that a) this material development succeeds to take students above the minimum score 75 by 77,25 in average b) the learning process contributes to students achievement in skill process of 85,4 in average. This shows students achievement in economics when taught by metacognitive approach is higher than that of conventional approach. It is suggested that learning materials should be effective, efficient, and up to date.