Hubungan Pola Asuh Gizi Ibu dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lamper Tengah Kota Semarang

  • Husnul Amalia
Keywords: Gizi Kurang, Balita, Pola Asuh

Abstract

Latar belakang: Balita gizi kurang di Jawa Tengah sebanyak 19,6%, hal ini belum sesuai standar SPM sebesar 17% balita gizi kurang. Data profil kesehatan kota semarang tahun 2014 menunjukkan 2,73% dari 83.958 balita mengalami gizi kurang. Puskesmas Lamper Tengah menempati urutan pertama dengan 81 balita gizi kurang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara pola asuh gizi ibu dengan status gizi balita.

Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 55 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square (α=0,05).

Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara dukungan ibu dalam praktik pemberian makan (p=0,019), rangsangan psikososial (p=0,049), praktik higiene (p=0,022) dan perawatan kesehatan balita (p=0,037) dengan status gizi balita. Sedangkan persiapan makanan untuk anak (p=0,9) dan penyimpanan makanan (p=1,000) tidak berhubungan.

Saran bagi ibu balita untuk memperhatikan asupan gizi anak, memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, serta rutin melakukan kegiatan posyandu untuk menghindari terjadinya gizi kurang atau gizi buruk pada balita.

Published
2016-08-27
Section
Articles