SMS REMINDER UNTUK PENINGKATAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS DAN IMS

  • Anis Kiswanti
  • Muhammad Azinar Universitas Negeri Semarang

Abstract

Latar Belakang: Informasi tentang HIV/AIDS dan IMS diperlukan WPS di Lokalisasi Banyuputih Kabupaten Batang. Menurut jenis pekerjaan di Kabupaten Batang tahun 2015, pekerja seks menduduki urutan pertama dengan jumlah kasus 52 orang. Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat 66,95% WPS atau pelanggannya yang menggunakan kondom.
Metode: Jenis penelitian ini yaitu action research. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 55, dengan intervensi pemberian SMS reminder. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji t berpasangan dan wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah intervensi pada pengetahuan (nilai p: 0,04) dan sikap (nilai p: 0,02) serta tidak ada perbedaan praktik penggunaan kondom antara sebelum dan sesudah intervensi (nilai p: 0,47).
Simpulan: Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi SMS reminder dapat mempengaruhi pengetahuan dan sikap. Adapun pada praktik penggunaan kondom, SMS reminder dapat berpengaruh apabila didukung dengan adanya sarana-prasarana yang memadai serta dukungan dari pihak lain.

Published
2017-10-27
Section
Articles