LAGU EDUKASI GIZI LEBIH EFEKTIF MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAYUR & BUAH PADA SISWI PEREMPUAN

  • Rahma Paramita Sri Wardhani Universitas Negeri Semarang
  • Irwan Budiono Universitas Negeri Semarang

Abstract

Latar Belakang: Menurut Riskesdas kurangnya konsumsi sayur dan buah didominasi pada penduduk usia ≥ 10 tahun. Tahun 2017 hingga 2013, ≥ 90% penduduk kurang mengkonsumsi sayur dan buah di tingkat nasional maupun regional (Jawa Tengah). Studi pendahuluan didapatkan bahwa 90% siswa kurang mengonsumsi sayur dan buah dan 80% siswa memiliki pengetahuan yang rendah mengenai sayur dan buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas lagu edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan sayur dan buah pada anak SD.
Metode: Research and Development, pendekatan Pretest-Posttest with Control Group Design. Jumlah sampel 62 orang. Analisis data dengan paired sample t test, independent sample t test dan kajian kualitatif.
Hasil: Kelompok eksperimen, p=0,000(p<0,05) berarti ada perbedaan bermakna nilai pre-test dan post-test. Kelompok kontrol, p=0,054(p>0.005) berarti tidak ada perbedaan yang bermakna. Hasil post-test pada kedua kelompok, p=0,000(p<0,05) berarti ada perbedaan bermakna.
Simpulan: Lagu edukasi gizi efektif terhadap peningkatan pengetahuan konsumsi sayur dan buah pada anak SDN Pleburan 03, Kota Semarang.

Published
2019-01-29
Section
Articles