PENGARUH MEDIA VISUAL HIGIENE SANITASI MAKANAN TERHADAP PRAKTIK HIGIENE PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN KAMPUS

  • Atika Dina Khairina Universitas Gadjah Mada
  • Ika Ratna Palupi Universitas Gadjah Mada
  • Yeni Prawiningdyah RSUP Dr. Sardjito

Abstract

Latar Belakang: Kantin merupakan usaha komersial yang menyediakan makanan dan minuman untuk khalayak umum. Salah satu isu kesehatan penting pada usaha kantinadalah praktik hygiene penjamah makanan. Praktik higiene penjamah makanan perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas makanan yang disediakan. Praktik higiene dapat ditingkatkan dengan pelatihan disertai penyampaian media. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh media visual higiene sanitasi makanan terhadap praktik higiene perseorangan penjamah makanan di kantin kampus.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental dengan pendekatan time-series. Sampel penelitian sebanyak 14 penjamah makanan di kantin kampus yang berasal dari salah satu fakultas ilmu kesehatan. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan korelasi Pearson untuk membandingkan praktik higiene perseorangan sebelum dengan sesudah disampaikan media visual higiene sanitasi makanan.
Hasil: Ada pengaruh positif yang kuat antara penyampaian media visual higiene sanitasi makanan terhadap praktik higiene perseorangan penjamah makanan di kantin kampus dengan p=0,001 (p<0,01) dan r=+0,667.
Simpulan: Ada pengaruh penyampaian media visual terhadap praktik higiene perseorangan penjamah makanan di kantin kampus.

Published
2019-01-29
Section
Articles