PENGEMBANGAN JUMANTIK MANDIRI DALAM MENINGKATKAN SELF RELIANCE DAN ANGKA BEBAS JENTIK (ABJ)

  • Afri Wahyu F Semarang State University

Abstract

ABSTRAK

Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh vektor nyamuk Aedes Aegepty. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan self reliance dan Angka Bebas Jentik melalui “OHOJu” sebagai model pengembangan self jumantik.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan nonequivalent control group design. Jumlah sempelnya adalah  164 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh signifikasi atau  nilai p value untuk sikap adalah 0,003 dan praktik adalah 0,002. Dimana nilai p kurang dari 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sedangkan nilai p value ABJ adalah 1,000. Dimana nilai p (1,000) lebih dari 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.

Kesimpulan penelitian ini keberadaan “OHOJu” memiliki pengaruh terhadap peningkatan sikap dan praktik pencegahan  demam  berdarah tetapi tidak meningkatkan ABJ. Saran yang diberikan kepada pihak puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk mengizinkan dan memfungsikan “OHOJu” dengan mengefektifkan sistem pelaporan PSN.

Kata kunci: Demam Berdarah Dengue, Self Reliance, dan Angka Bebas Jentik.

Published
2016-08-11
Section
Articles