METODE DRILL BERMEDIA FLASH CARD DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN TUNAGRAHITA

  • Rita Andayani Semarang State University

Abstract

ABSTRAK

Risiko terjadinya penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dapat terjadi pada anak tunagrahita. Kekurangan mereka dalam hal kebersihan badan mengakibatkan anak tunagrahita membutuhkan pelayanan kesehatan khususnya mencuci tangan pakai sabun dengan metode dan media yang sesuai dengan karakteristiknya. Selama ini belum ada metode berisi media yang digunakan dalam pembelajaran anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode drill bermedia flash card dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak tunagrahita. Jenis penelitian adalah true experimental, pendekatan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 10 responden. Instrument yang digunakan: flash card, kuesioner, dan check list. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan (p=0,005) dan praktik (p=0,011). Apabila nilai p value < 0,05 maka terdapat perbedaan yang bermakna antara pre test dan post test. Hasil penelitian ini adalah metode drill bermedia flash card berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun tunagrahita. Penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan diterapkannya pendidikan kesehatan khususnya cuci tangan pada anak berkebutuhan khusus.

Kata Kunci: Metode Drill, Flash card, Pengetahuan, Cuci tangan, Tunagrahita

Published
2016-08-11
Section
Articles