PENGEMBANGAN METODE PELATIHAN DENGAN PROBLEM CARD DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI

  • Iga Nur Fitriyani Semarang State University

Abstract

ABSTRAK

 

PIK-Remaja adalah salah satu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja, mampu memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi. Oleh sebab itu dibutuhkan pemberian pengetahuan pada anggota PIK-Remaja melalui pelatihan dengan Problem Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi.

Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan penelitian action reseach. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota PIK-remaja. Sampel berjumlah 32 orang.

Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media problem card dalam pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan responden tentang kesehatan reproduksi dilihat dari hasil analisis McNemar antara pre-test dengan post-test ke-1 diperoleh nilai p (0,004) < 0,05 sedangkan post-test ke-1 dengan post-test ke-2 yang diperoleh nilai p (0,002) < 0,05. Begitupun dengan peningkatan sikap remaja antara pre-test dengan post-test ke-1 diperoleh nilai p (0,004) < 0,05 sedangkan post-test ke-1 dengan post-test ke-2 yang diperoleh nilai p (0,002) < 0,05.

Saran yang peneliti rekomendasikan adalah penggunaan problem card sebagai metode pelatihan untuk menarik perhatian dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan sikap  remaja tentang kesehatan reproduksi.Kurikulum materi dikoordinasikan dengan ahlinya, termasuk teknis pelaksanaan pelatihan yang akan digunakan.

 

Kata Kunci      : Problem Card ,  Kesehatan  Reproduksi

Published
2016-08-11
Section
Articles