KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR

  • Hevi Mavidayanti Semarang State University

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan laporan tahunan BBPOM Semarang pada tahun 2014 dilakukan pengujian sampling PJAS di 109 SD di Jawa Tengah, PJAS yang tidak memenuhi syarat sebanyak 15%.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan sekolah dalam pemilihan makanan jajanan pada anak sekolah dasar di SDI Al Madina dan SDK Sang Timur.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara snowball sampling.Informan penelitian yaitu kepala sekolah SDI Al Madina, kepala koperasi SDI Al Madina, guru kelas SDI Al Madina, wali murid SDI Al Madina, sanitarian puskesmas Pegandan, kepala sekolah SDK Sang Timur, petugas UKS SDK Sang Timur, pengelola kantin SDK Sang Timur, wali murid SDK Sang Timur, penjaja makanan jajanan di depan SDK Sang Timur, sanitarian puskesmas Tlogosari Wetan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pemilihan makanan jajanan di SDI Al Madina lebih konsisten dibandingkan SDK Sang Timur, yaitu meskipun keduanya memiliki kebijakan dalam pemilihan makanan jajanan, tetapi di SDI Al Madina sudah tidak terdapat penjaja makanan di depan sekolah, di SDK Sang Timur masih banyak ditemukan penjaja makanan di depan sekolah.

 

Kata Kunci    : Anak Sekolah Dasar, Kebijakan Sekolah, Pemilihan Makanan Jajanan

Published
2016-08-11
Section
Articles