Keefektifan Permainan SHART JOURNEY dalam Meningkatkan Pengetahuan HIV/AIDS pada Remaja Resosialisiasi Argorejo

  • Asni Afifah Semarang State University

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan mengenai pengetahuan HIV/AIDS di RW 3 dan 4 Kalibanteng Kulon menyimpulkan bahwa hanya 5,4% (2 responden) berpengetahuan baik, 35,2% (13 responden) cukup, 51,4% (19 responden) kurang, serta 5,4% (2 responden) tidak baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh SHART JOURNEY terhadap peningkatan pengetahuan.

Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan pretest-postest with control group. Populasi 128 orang, yaitu remaja usia 12-21 tahun. Dengan purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 24 pada tiap kelompok. Kelompok eksperimen diberikan penyuluhan dengan permainan SHART JOURNEY, sedangkan kontrol menggunakan powerpoint. Analisis data menggunakan uji T berpasangan, Uji Wilcoxon, dan Uji Mann-Whitney.

Berdasarkan hasil analisis Uji Mann-Whitney, didapatkan nilai p=0,001 (p<0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan persentase pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol.

Kesimpulannya yaitu SHART JOURNEY efektif untuk meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS. Saran yang diajukan kepada pihak yang akan memberikan penyuluhan yaitu dengan menggunakan media permainan sehingga mampu meningkatkan pengetahuan remaja.
Published
2016-08-11
Section
Articles