PARTAI NASIONAL INDONESIA PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 1955 DI SEMARANG
Abstract
This study aims to analyze strategies PNI wins elections in 1955 in Semarang. In this study using historical methods, the use of historical method in this study serves as a framework in order to study in good order. Elections are held two phases: the first on 29 September 1955 for parliamentary elections and the second stage was held on December 15, 1955 for members of the constituent assembly. PNI on election strategy lies in the ideology Marhaenism, Marhaenism is a thought that under the defense of voicing anti- poverty, Marhaenism very attached to the body so that the supporters PNI PNI commonly called the proletariat. PNI strategy in Semarang is conducting campaigns around throughout the city in addition to campaign around Semarang Semarang PNI voiced torch programs through Indonesia. Indonesian torch is owned print media for myuarakan PNI PNI or news about the programs of the PNI.
Keywords: 1955 election, PNI, strategy.
Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kemenangan PNI dalam pemilihan umum tahun 1955 di Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah, penggunaan metode sejarah dalam penelitian ini berfungsi sebagai kerangka dalam penelitian agar tersusun dengan baik. Pemilihan umum dilaksanakan dua tahap yaitu tahap pertama pada 29 September 1955 untuk pemilihan anggota parlemen dan tahap kedua dilaksanakan pada 15 Desember 1955 untuk anggota konstituante. Strategi PNI pada pemilu terletak pada ideologi marhaenisme, marhaenisme adalah sebuah pemikiran yang membela kaum bawah yang menyuarakan anti kemiskinan, marhaenisme sangat melekat di tubuh PNI sehingga para pendukung PNI biasa di sebut dengan kaum marhaen. Strategi PNI di Semarang yaitu dengan melakukan kampanye-kampanye berkeliling di seluruh Kota Semarang selain kampanye berkeliling Kota Semarang PNI menyuarakan program-program melalui Suluh Indonesia. Suluh Indonesia adalah media cetak yang dimiliki PNI untuk myuarakan kabar tentang PNI atau program-program dari PNI.
Kata Kunci: Pemilu 1955, PNI, strategi.