Abstract

Keterampilan berpikir kritis mempunyai peranan yang sangat strategis dalam
membangun kecakapan mental siswa dalam menghadapi permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode latihan berstrukturdapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini digunakan pretest and posttest control group design. Keterampilan berpikir kritis siswa dengan model TAI dan metode latihan berstruktur dibandingkan dengan siswa model TAI dan siswa kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen I sebesar 79,91, kelas eksperimen II sebesar 74,36, dan kelas kontrol sebesar 71,51. Hasil uji Anava menunjukkan adanya perbedaan rata-rata signifikan antara ketiga kelas. Analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis menunjukkan kelas eksperimen I paling efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan merupakan kelas dengan keterampilan berpikir kritis terbaik. Hasil observasi sikap dan keterampilan siswa kelas menggunakan model TAI dengan metode latihan berstruktur tidak menunjukkan hasil yang berbeda signifikan dengan kelas menggunakan model TAI dan kontrol. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran TAI dengan metode latihan berstrukturdapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


 


Critical thinking skills has a strategic role in the build students’ mental skills in dealing with the problem. This research aims to analyze whether the application of the learning Team Assisted Individualization (TAI) and structured exercise method can enhance critical thinking skills of students. This research is used pretest and posttest control group design. Students’ critical thinking skills by TAI model application with structured exercise method compared with the application of TAI and conventional learning. Based on the results obtained by analysis of the average students' critical thinking skills experiment class I is 79.91, experiment class II is 74.36, and the control class is 71.51. Anova test results showed a significant difference between the average of the three classes. Analysis of the improved critical thinking skills shows the experiment class I is the most effective in enhancing critical thinking skills and the class with the best of critical thinking skills. The observation results of students’ attitudes and psychomotorof the TAI model with a structured exercise methods class do not show significantly different results with the TAIclassand control. The conclusion of this research is the learning TAI model with structured exercise can enhance students' critical thinking skills.