Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kit stoikiometri yang layak digunakan dan mendeskripsikan efektivitas kit stoikiometri yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi stoikiometri secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pembelajaran yang digunakan merupakan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA N 2 Pati, untuk uji coba skala kecil adalah siswa kelas X MIA 7 dan untuk uji coba skala besar diterapkan di kelas X MIA 5. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, penyebaran angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, skor validasi dari ahli sebesar 31 yang berarti kit stoikiometri sangat layak digunakan. Setelah menggunakan kit stoikiometri, terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa secara klasikal sebesar 72,73%, lebih dari 85% siswa mencapai nilai lebih besar dari 75 dan dapat membantu siswa memahami materi stoikiometri dengan skor g = 0,84 N-gain yang termasuk dalam peningkatan pemahaman dalam kategori tinggi, yang berarti kit stoikiometri efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, kit stoikiometri dapat digunakan untuk proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi stoikiometri.


 


This research aims to develop a proper stoichiometry kit used and described effectiveness stoichiometry kit developed to improve understanding of the concept of students on the material overall stoichiometry. The study design used in this research is the Research and Development. Learning model usethe scientific approach learning. As research subjects are students of class X MIA SMA N 2 Pati, for small-scale trials were students of class X MIA 7 and for large-scale testing implemented in class X MIA 5.The data collection is done by the method of documentation, observation, questionnaire, and test. Based on the research results, scores of expert validation by 31 which means that the stoichiometry is very decent kit is used. After using kit stoichiometry, there is increasing students' understanding of concepts in classical student of 72.73 %, more than 85 % of students reached a value greater than 75 and can help students understand the material stoichiometry with a score of g = 0.84 N-gain included in an increased understanding in the high category, which means that the stoichiometry kit effectively used to improve students' understanding of the concept. Thus, the stoichiometry kit can be used for the learning process to improve students' understanding of concepts in the material stoichiometry