Abstract

Belum adanya inovasi media berupa teks dan gambar yang dicetak untuk membantu perhitungan menentukan nilai besaran fisis cermin dan lensa, membuat pembelajaran masih terpusat pada guru. Maka media Nomograf Optik dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi media Nomograf Optik dalam pembelajaran fisika, pengaruh penggunaan media Nomograf Optik terhadap unjuk kerja dan hasil belajar peserta didik. Validitas media Nomograf Optik merupakan hasil validasi dari 2 dosen fisika dan 1 guru senior. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model one-shot. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dari siswa kelas XI SMK NU Ungaran. Hasil menunjukkan bahwa media Nomograf Optik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji t-test unjuk kerja diperoleh nilai t hitung sebesar 18,97 > t tabel (-2,31) dengan p-value (sig.) 0,00 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh sangat signifikan penggunaan media Nomograf Optik terhadap kemampuan unjuk kerja peserta didik. Hasil uji t-test hasil belajar diperoleh nilai t hitung 4,059 > t tabel (2,31) dengan p-value (sig.) 0,00 < 0,025, Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan media Nomograf Optik terhadap hasil belajar fisika


 


The absence of media innovations such as text and images printed to help the calculation for determining a fisis amount value of mirror and lens, make a learning process still focused on teacher. Then, Nomograph Optics media has been developed. This research aims to determine Nomograph Optics media validation on learning physics course, the influence of using Nomograph Optics media to the work method and learning outcomes of student. Validity of Nomograph Optics media was a value of validation from two Physics Lecturers and one Senior Teacher. The type of this research is development with one-shot model. Purposive sampling used as a techniques sampling on this research to the student class XI SMK NU Ungaran (Vocational School of NU Ungaran). The result showed that Nomograph Optics media developed is eligible for learning purposes. Result of t-test on work method gained value t-count about 18.97 > t-table (-2.31) with p-value (sig.) 0,00 < 0.05. The meaning of that result is a very significant influence on students work method performance by using Nomograph Optics media. Result of t-test of learning outcomes obtained the value of t-count about 4.059 > t-table (2.31) with p-value (sig.) 0,00 < 0.025. The result showed that, there is a significant influence by using Nomograph Optics media to the physics learning outcomes.