Abstract

Representasi dalam memecahkan masalah memberikan informasi cara siswa memahami konsep. Siswa memiliki pola beragam untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep fisika. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi: (1) kecenderungan representasi siswa, (2) pola pemecahan masalah berdasarkan kecenderungan representasi, (3) pola pemecahan masalah dalam membangun pemahaman konsep. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif model grounded theory. Siswa dikategorikan pemahamannya ke dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan siswa kategori tinggi memiliki kecenderungan representasi simbolik, kategori sedang dan rendah memiliki kecenderungan representasi visual gambar. Siswa kecenderungan representasi simbolik memiliki pola yaitu membaca, menganalisis, merencanakan solusi, melaksanakan, menyimpulkan. Siswa kecenderungan visual gambar memiliki dua pola. Pola pertama yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis, melaksanakan dan menyimpulkan, pola kedua sama dengan pola pertama namun proses menganalisis menggunakan konsep. Berdasarkan pemahaman konsepnya, siswa kategori tinggi menggunakan dua pola. Pola pertama yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis, membuat solusi, menyimpulkan. Pola kedua yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis menggunakan konsep, merencanakan solusi, melaksanakan solusi, menyimpulkan. Siswa kategori sedang menggunakan dua pola. Pola pertama yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis dan menyimpulkan. Pola kedua yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis menggunakan konsep, merencanakan solusi, melaksanakan solusi dan menyimpulkan. Siswa kategori rendah memiliki pola yaitu membaca, memahami masalah, menganalisis dan menyimpulkan.


 


Representation in solving the problem gives information on how students understand concepts. Students have a variety of patterns to solve the problems associated with the concept of physics. This study aims to identify: (1) the tendency of student representation, (2) based on the likelihood of resolving problems of representation, (3) pattern of problem solving in building understanding of the concept. This research is a qualitative model of grounded theory. Students are categorized understanding into the category of high, medium and low. The results showed high class students have a tendency symbolic representation, medium and low categories have the tendency visual representation of the image. Students tendency symbolic representation has a pattern of reading, analyzing, planning solutions, implement, conclude. Students tendency visual image has two patterns. The first pattern is read, to understand the problem, analyze, implement and conclude, the second pattern similar to the pattern, but the process of analyzing the first to use the concept. Based on the understanding of the concept, students high category use two patterns. The first pattern is read, to understand the problem, analyze, create solutions, concludes. The second pattern is read, understood the problem, analyze the use of the concept, planning solutions, implementing solutions, concludes. Students category're using two patterns. The first pattern is read, understood the problem, analyze and conclude. The second pattern is read, understood the problem, analyze the use of the concept, planning solutions, implement solutions and concluded. Students low category has a pattern of reading, understanding the problem, analyze and conclude.