Abstract

Pembelajaran sains dikelas hendaknya menuntun siswa untuk melek tentang ilmu pengetahuan dan teknologi Kegiatan pembelajaran seharusnya memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan supaya pembelajaran lebih bermakna namun pada kenyataannya hal ini belum selalu dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS bermuatan etnosains materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Researchand Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and post test control group design. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS bermuatan etnosains untuk meningkatkan literasi sains pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan dapat meningkatkan aspek konten siswa pada kelas eksperimen dengan perolehan N-Gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi, aspek konteks siswa dengan perolehan N-Gain sebesar 0,73 dalam kategori tinggi dan aspek proses sains siswa dengan perolehan N-Gain sebesar 0,50 dalam kategori sedang, dan siswa memberikan respon positif terhadap implementasi LKS bermuatan etnosains materi hidrolisis garam yang dikembangkan dalam kategori baik atau sebesar 77,67%.


The process of learning science in the classroom should lead students to literate about science and technology. Learning activities should utilize optimally potential environment, especially the local culture so that the learning more meaningful but in reality this has not always done by the teacher. This research aims to develop is LKS as etnosains-laden material hydrolysis of salt to enhance the literacy of science high school students.This research is the development of research or Researchand Development (R & D).The Research Design used was a pretest and post test control group design. Research data obtained by the method of interview, observation, documentation, the now, and test. The results showed that etnosains charge is LKS to improve science literacy on the material the hydrolysis of salt has developed increase the content aspect of the students in class experiments with the acquisition of N-Gain of 0.71 in high context aspect category of students with obtaining N-Gain amounted to 0.73 in a high category and aspects of the process of science students with obtaining N-Gain of 0.50 in that category are , and the students gave positive response towards implementation is LKS as a charged etnosains salts are developed in the category of good or of 77.67%.