Abstract

Semakin meningkatnya resiko terjadinya banjir dan untuk menghilangkan persepsi negatif siswa pada mata pelajaran IPA maka diperlukan suatu pembelajaran yang multi arah dan terintegrasi dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Cepu, Kabupaten Blora, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL bervisi SETS dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA dan pemahaman kebencanaan oleh siswa. Menentukan  peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA oleh siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah, serta menentukan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA oleh siswa pada kelompok yang diberikan model PBL bervisi SETS dan konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL bervisi SETS lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA dan pemahaman kebencanaan daripada metode konvensional. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA oleh siswa pada kelompok tinggi dan sedang lebih tinggi daripada kelompok rendah. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA oleh siswa pada kelompok yang diberikan model PBL bervisi SETS dan metode konvensional adalah sama.

 


The increased risk of flooding and to eliminate the negative perceptions of students in IPA so require a multi-way learning and integrated with the environment. This is an experimental study on Junior Hight School in Blora which the aims to determine the effectiveness of PBL visionary SETS models in improving problem-solving abilities of science and understanding of disaster by students. To determine the increase of IPA problem solving ability by student in a high group, medium and low, and to determine an increased ability of IPA problem solving by students in each group were given a PBL visionary SETS models and conventional. The analysis showed that the PBL visionary SETS models is more effective in improving the abilities of IPA problem-solving and understanding of disaster than conventional methods. Improved IPA problem solving abilities BY students at the high group and medium higher than the low group. Improved problem solving abilities of IPA by students in group were given PBL visionary SETS models and conventional methods are the same.