Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berpendekatan karakter pada materi cahaya melalui inkuiri terbimbing, mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang dapat diungkap melalui eksperimen inkuiri terbimbing, menentukan penguasaan konsep cahaya melalui inkuiri terbimbing. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP, Silabus dan LKS. Alat pengumpul data berupa lembar validasi RPP, Silabus dan LKS. Lembar observasi untuk mengamati nilai karakter dan lembar angket untuk mengumpulkan data kepraktisan perangkat pembelajaran. Lembar tes untuk mengumpulkan data tentang penguasaan konsep IPA. Analisis data tahap awal untuk melihat kevalidan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Analisis data tahap akhir berupa uji normalitas, gain ternormalisasi, uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis deskriptif untuk data angket respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa validitas untuk perangkat pembelajaran berpendekatan karakter oleh para pakar 3,74 yang tergolong valid, serta 84.3% siswa memberi respon positif sehingga perangkat pembelajaran berpendekatan karakter dikatakan praktis. Karakter yang dapat diamati pada saat inkuiri terbimbing adalah kerjasama, ingin tahu, mandiri dan disiplin. Data hasil penguasaan konsep diperoleh dengan tes kemampuan kognitif dan diperoleh hasil untuk kelas ekperimen persentase keberhasilan 78.38% dan kelas kontrol 72.75%, sedangkan untuk data efektifitas kelas eksperimen digunakan uji t-tes diperoleh nilai di atas KKM sehingga dikatakan uji t-tes signifikan dan dari nilai N-gain diperoleh nilai 0.37 dalam kategori sedang. Berdasarkan penelitian dapat dikatakan pengembangan perangkat inkuiri terbimbing dapat menumbuhkan nilai karakter siswa dan penguasaan konsep IPA.

 

The research is aimed to develop learning device with character approach in light material throgh structurized inquiry, decribe the value which is conveyed from iquiry experiment, and determine the mastery concept of light through supervised inquiry. The device which is developed consists of lesson plan, syllabus, and worksheet. The data collection uses the validity of lesson plan, syllabus and worksheet and the observation is for observing character value and questionnaire is for collecting the simplicity data in learning device whereaswork sheet is for collecting data about science mastery. The beginning analysis is to see validity and effectiveness of learning device. The last step analysis is to test the normality, to gain ternormalization, and t-test is to find out the difference of result in experiment group and control group. Descriptive analysis is used for the questionnaire of students’ response for inquiry learning. The result shows that the validity for character approach is 3.74% also 83.4% students give positive response so it can be said as a simple one. The characters which can be observed are teamwork, inquisitiveness, autonomy and discipline. From the mastery of the concept shows the percentage of success in experiment class is 78.38%, 72.75% for control class, whereas for effectiveness of the class using t-test shows the score is above the minimum standard so it can be concluded that t-test is significant. In addition, N-gain gets 0.37 in average category. Based on the research, it can be concluded that the development of supervised inquiry is able to increase students’ character and mastery of science.