Abstract

Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP masih jarang dijumpai di sekolah. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi pengembangan modul bervisi SETS berorientasi CEP. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP pada materi larutan asam basa yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, minat wirausaha, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba kelayakan produk pada penelitian ini dilaksanakan di MA Mu’allimin Mu’allimat dengan model penelitian one group pre-test and post-test design dan di MAN Rembang dengan model penelitian pre-test and post-test control group design. Data penelitian diperoleh dengan metode validasi, observasi, dokumentasi, tes, dan skala Likert. Hasil validasi modul menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia dengan skor rata-rata pada aspek kelayakan isi 95,00, aspek penyajian 95,33, aspek kebahasaan 95,00, dan aspek kegrafikan 94,44. Hasil analisis N-gain skala kecil menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar sebesar 0,27, minat wirausaha sebesar 0,25, dan hasil belajar siswa sebesar 0,80. Sedangkan pada ujicoba skala luas menunjukkan peningkatan sebesar 0,27, 0,17, dan 0,66.

Modules can assist schools in achieving quality education. Chemistry learning modules SETS vision CEP oriented is still rare in schools. it would require an innovative development of chemistry learning modules. The purpose of this research is to produce chemistry learning modules visionary SETS CEP oriented material acid-base solution on valid and effectively to improve learning motivation, entrepreneurial interest, and learning outcomes. This research is development. Testing the viability of the product on the research carried out at MA Mu'allimin Mu'allimat the research model one group pre-test and post-test design and research models MAN Rembang with pre-test and post-test control group design. Method of data collection is done by validation, observation, documentation, testing, and Likert scale. Module validation results showed that the chemistry learning modules oriented SETS CEP vision is very feasible to use in learning chemistry with an average score on the content aspect 95.00, 95.33 presentation aspects, linguistic aspects of 95.00, and graphics aspects 94.44. N-gain analysis results at small scale show that modules are developed effectively to enhance learning motivation of 0.27, entrepreneurial interests 0.25, and learning outcomes at 0.80. While the large scale trials showed an increase of 0.27, 0.17, and 0.66.