Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media lagu terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN Gugus Putra Serang IV Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampling menggunakan cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan media lagu pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal, karena siswa yang mendapatkan nilai muatan bahasa Indonesia pada tes akhir (posttest) yang mencapai KKM (75) telah mencapai 75% atau lebih. (2) hasil belajar muatan bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan media lagu pada kelas eksperimen lebih efektif dari tanpa diberi perlakuan pada kelas kontrol serta (3) adanya pengaruh penerapan media lagu, sehingga memperkuat penerimaan hipotesis 2 yaitu media lagu lebih efektif terhadap hasil belajar muatan bahasa Indonesia materi puisi bebas. Simpulan dari penelitian ini adalah media lagu berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi bebas.


Kata kunci: media lagu; menulis puisi bebas


 


This research aimed to find the influence of using song toward writing free verse poetry ability of Vth grader in Cluster Putra Serang IV Elementary School, Wonosegoro, Boyolali. The research used a quantitative approach to the experimental research design. Technique sampling used Cluster sampling . The results showed that: (1) In the experimental class (using song), students learning outcomes met the minimum criteria of classical mastery learning  as 75% or more of students already achieved Bahasa Indonesia KKM score (75) at posttest, (2) the students learning outcomes in Bahasa Indonesia subject  were more effective in in the experimental class  than  the control group (no treatment), (3) song usage resulting influences, thereby strengthening the hypothesis two acceptance stating that using song is more effective toward the learning outcomes of free verse poetry topic in Bahasa Indonesia subject. The conclusion is song usage has an influence toward the writing free verse poetry ability.


Keywords: song; writing free verse poetry.