Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap spiritual siswa kelas V SD Islam Syahidin dan menjelaskan faktor penunjang dan faktor penghambat dalam mengembangkan sikap spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan sikap spiritual pada siswa kelas V SD Islam Syahidin yakni dengan 4 tahapan, tahap pertama yaitu persiapan dengan membuat perencanaan pembelajaran, tahap kedua yaitu penyampaian dilakukan dengan memberi nasehat dan bimbingan kepada siswa, tahap ketiga yaitu praktik melalui kegiatan-kegiatan rutin di sekolah dan saat proses pembelajaran, serta tahap keempat yaitu evaluasi pembelajaran dengan melakukan pencatatan sikap siswa dalam jurnal sikap. Faktor penunjang dalam mengembangkan sikap spiritual siswa adalah bekerjasama dengan stakeholder, letak sekolah dekat dengan masjid, guru memiliki kemampuan mengajar, dan sekolah yang berbasis agama islam. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pergaulan siswa yang sulit dikontrol, kondisi lingkungan siswa yang tidak kondusif, dan terbatasnya waktu guru dalam membimbing siswa.


 


This study aims to examine the strategies carried out by teachers in developing the spiritual attitudes of fifth grade students of Islamic Elementary School Syahidin and explain supporting factors and inhibiting factors in developing students' spiritual attitudes. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Data analysis in this study was carried out in several stages, namely: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the strategies used by the teacher in developing spiritual attitudes in the fifth grade students of Syahidin Islamic Elementary School were with 4 stages, the first stage is preparation by making learning plans, the second stage is delivery by giving advice and guidance to students the second stage is delivery by giving advice and guidance to students, the third stage is the practice through routine activities at school and during the learning process, and the fourth stage is evaluation of learning by recording student attitudes in the attitude journal. Supporting factors in developing student’s spiritual attitudes are collaborating with stakeholders is the location of the school is close to the mosque. While the inhibiting factor is the association of students who are difficult to control, and the limited time of the teacher in guiding students.