Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media video pembelajaran dari YouTube terhadap keterampilan menyimak dan melagukan tembang macapat kelas IV SD Gugus Pattimura Kota Semarang. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk nonequivalent kontrol group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Analisis uji hipotesis menggunakan uji z, uji t, N-gain. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I (81,53) lebih dari kontrol (62,80). Hasil dari uji hipotesis yaitu: (1) media video pembelajaran dari YouTube kelas eksperimen lebih efektif daripada media teks kelas kontrol pada keterampilan menyimak tembang macapat; (2) media video pembelajaran dari YouTube kelas eksperimen sama efektifnya dengan media teks kelas kontrol pada keterampilan melagukan tembang macapat. Simpulan dalam penelitian ini adalah media video pembelajaran dari YouTube lebih efektif dibanding media teks dalam keterampilan menyimak namun sama efektifnya dalam keterampilan melagukan tembang macapat kelas IV SD Gugus Pattimura Kota Semarang.