Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi geometri, dalam pembelajaran matematika kelas rendah dengan menerapkan teori bruner melalui permainan ular tangga. Penelitian dilaksanakan di SDN Bringin 02 Ngaliyan Semarang Barat, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Bringin 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengetahui gambaran atau situasi kelas serta pemahaman siswa terhadap bangun datar dalam pembelajaran secara jelas.  Instrumen yang digunakan berupa tes yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Penelitian, dari jawaban siswa dalam mengerjakan soal tes setelah permainan ular tangga Semua Nilai yang diperoleh siswa lolos KKM. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan yaitu dengan menerapkan teori Bruner melalui permainan ular tangga, dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi geometri. Sehingga dapat dikatakan bahwa, terjadi peningkatan pemahaman siswa dan dapat menciptakan pembelajaran matematika dikelas rendah menjadi menyenangkan, lebih bermakna dan menjadikan siswa lebih aktif dan interaktif.


Kata Kunci : Geometri, teori bruner, permainan ular tangga


 


Abstract


The purpose of this study was to increase students' understanding of geometry material in low-grade mathematics learning by applying Bruner's theory through a game of snakes and ladders. The research was conducted at SDN Bringin 02 Ngaliyan West Semarang, the study population was all grade 2 students at SDN Bringin 02. The method used in this study was a qualitative descriptive research method used to find out a description or class situation and students' understanding of flat shapes in learning clear. The instrument used is a test used to see an increase in student learning outcomes. Based on the research results, from the students' answers in working on the test questions after the snakes and ladders game, all the scores obtained by students passed the KKM.about geometry. So it can be said that there is an increase in students' understanding and can make learning mathematics in the lower grades fun, more meaningful and make students more active and interactive.


Keywords: Geometry, Bruner's theory, snakes and ladders game