KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN CORE PADA SISWA KELAS X SMA
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsi keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan model generatif pada siswa kelas X SMA; (2) mendeskripsi keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) pada siswa kelas X SMA; (3) mendeskripsi perbedaan keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada kelas X SMA menggunakan model generatif dan CORE. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 15 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak sepuluh kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan dipilih dua kelas yaitu X-IPA-5 sebagai kelas eksperimen I dan X-IPA-6 sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian ini adalah; (1) pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi menggunakan model generatif efektif; (2) pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi menggunakan model CORE efektif; (3) pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi menggunakan model generatif lebih efekif dibanding model CORE.
Kata kunci: mengonstruksi teks eksposisi, model generatif, model CORE
Abstrak
The purpose of this research is to; (1) describe the effectiveness of learning to construct exposition texts with generative models in grade X high school students; (2) to describe the effectiveness of learning to construct exposition texts with the Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) model on X grade students; (3) a more effective learning model between generative and CORE learning models in learning construct exposition texts in grade X high school students. The design of this study was a pseudo experiment with two experimental groups. The population in this study is the students of class X SMA N 15 Semarang academic year 2017/2018 as many as ten classes. The sample selection was done by purposive sampling and chosen two classes, namely X-IPA-5 as experimental class I and X-IPA-6 as experimental class II. The results of this research are; (1) construct exposition text learning using generative model is effective; (2) learning construct exposition text using CORE model of learnign is effective; (3) construct instruction using generative model is more effective than CORE.
Keywords : construct exposition text, generative model, CORE model