PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI

Main Article Content

Arini Mega Silviana

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  mendeskripsikan  proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman cerpen,
mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerpen,  mendeskripsikan  perubahan perilaku
siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran  membaca pemahaman cerpen
menggunakan strategi metakognitif dan teknik membaca retensi.  Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II
meliputi perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan
nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitian
keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas IX B SMP  Negeri 1 Banjarmangu mengalami
peningkatan.  Siklus I mencapai  66,8  dan siklus II menjadi  77meningkat 10,2  atau sebesar  13,24%. Peningkatan
ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif  ke perilaku positif

The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill
in reading comprehension short story, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students’ response to the
learning activity in reading comprehension short story by using metakognitive strategy and retention technique. The action
procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and
non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that
there were some improvements in reading comprehension short story by using strategy metakognitive and retention technique of
the students in class IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu. First cycle is about 66,8%, and become to 77% or increase about 10,2
or about 13,24%.This raising level also followed by student’s behavior from negative to positive

Article Details

How to Cite
Silviana, A. (2013). PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2365
Section
Articles

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran.
Bandung. Penerbit Alfabeta
Depdiknas. 2004. Keterampilan Membaca
Pemahaman. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Jakarta : Departemen Pendidikan
Nasional.
Haryadi. 2006. Retorika Membaca Model, Metode,
dan Teknik. Semarang : Rumah Indonesia.
Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya
Ilmiah: Artikel, Resensi, Laporan, Makalah,
Proposal, Skripsi, Tesis. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca: Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa Bandung.
Windaka, Tinggar Adi. 2010.”Peningkatan
Pemahaman Cerpen dengan Teknik
Membaca Retensi Siswa Kelas IX SMP
Negeri 2 Belik Pemalang”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Yessy, Atrianing. 2010. ”Peningkatan
Keterampilan Membaca Pemahaman
Cerpen dengan Metode Trio Peta Cerita
pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2
Cepiring Tahun Ajaran 2009/2010”.
Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Zhang, Chao. 2010. ”The Teaching of Reading
Comprehension under the Psychology
Schemata Theory”. Journal of Language
and Research. Volume 1 . University of
Science and Technology Qingdao.