PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN

Main Article Content

Aveny Septi Astriani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa  semua orang bisa  berbicara, tetapi tidak semua orang bisa
berbicara dengan memukau  di depan audien.  Tujuan  penelitian ini untuk  membuktikan  pengaruh menonton
televisi acara informasi dan pergaulan  teman sebaya terhadap keterampilan berbicara menggunakan  ex post  facto,
dengan wawancara kepada tigapuluh  responden.  Hasilnya menonton  televisi acara informasi  berpengaruh
terhadap keterampilan berbicara siswa  secara parsial 10,7%.  Pergaulan teman sebaya berpengaruh secara parsial
41,4%.  Kebiasaan menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama sebesar
20,6%

The study is based on the fact that all people can talk, but some people can’t talk in impressively. The purpose of the study was
to determine the influence of watching information show at television and peer social interaction towards student’s speaking
skill using  ex post facto method. The result is that the habits of watching information show at television influence at student’s
speaking skill partially 10,7%. The peer social interaction, partially, it is 41.4%. Together, 20.6% influence

Article Details

How to Cite
Astriani, A. (2013). PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2368
Section
Articles

References

Bleakley, Amy. 2013. Predictors of Parents’
Intention to Limit Children’s Television
Watching. Journal Public Health.
doi:10.1093/pubmed/fds104.
Daliman.1997. Ilmu Pendidikan. Surakarta:
Fakultas Psikologi Universitas
Muhamadiyah Press.
Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi
Perkembangan, Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan
(terjemahan Istiwiayanti). Jakarta:
Erlangga.
Lindiyana. 2009. Pengaruh Pergaulan Teman
Sebaya dan Sikap Percaya Diri terhadap
Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 2
SD. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang
Meilini. 2010. Hubungan Kebiasaan Menonton
program Hard News dengan Motivasi
Belajar Siswa ( Studi Deskriptif
Korelasional Pada Siswa SMA N Kota
Bandung). Skripsi. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Supratman, Suparmin Dandan. 2011.
Fundamental Of Speech Comunication
dan Retorika Modern. Semarang.
Wahyudi, J.B. 1983. Jurnalis Televisi.
Bandung : Ikatan Alumni
Waldopo. 2000. Potensi Televisi sebagai Media
Pendidikan dan Pembelajaran : Jurnal
Teknodik. Jakarta : Pustekkom.