PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR

Main Article Content

Muhammad Zulfa Majid

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi, mendeskripsikan
peningkatan  kemampuan menulis puisi, mendeskripsikan  perubahan sikap siswa, dan mendeskripsikan
tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis  puisi  melalui model  quantum teaching  tipe TANDUR. Proses
tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang
digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif
dan kualitatif.  Hasil  penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi  melalui model
quantum teaching tipe TANDUR pada siswa kelas VIII D MTs Negeri Lebaksiu. Nilai rata-rata kelas pada siklus I
mencapai 66,85 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,41 atau dalam
kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 12,56 atau sebesar 18,79%. Peningkatan keterampilan menulis
puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa menjadi lebih berani mendemonstrasikan puisi didepan kelas
dengan bukti peningkatan 21,62 atau 40%.

The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’  skill
in writing poetry, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students ’ response to the learning activity in
writing poetry by using  models quantum teaching type TANDUR. The action procces of cycle I and II include planning,
action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in
the research are quantitative and qualitative.  The result of this study showed that there were some improvements in writing
poetry using models quantum teaching type TANDUR technique of the students in class VIII D MTs Negeri Lebaksiu. The
average of the students’ score in cycle 1 was 66.85 or in the enough category and increased in cyle 2 became 79,41 or in the  good
category. Cycle 1 increased 12,56 to cycle 2 or as big as 18,79%.  Uplifting of skill write the poem is also followed with the
behavioral change of student become braver demonstrate the poem of in front of class with the improvement evidence 21,62 or
40%.

Article Details

How to Cite
Majid, M. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2405
Section
Articles

References

A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching.
Jogjakarta: DivaPress
Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi
Puisi. Semarang: IKIP Semarang
Press.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Berbasis
Kompetensi 2006 Mata pelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta:
Depdiknas.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi,
Pendekatan, dan Pembelajaran.
Bandung:Nuansa.
Doyin, Mukh. 2008 Seni Baca Puisi.
Semarang: Bandundungan institute.
Fauziyah. 2006. “Peningkatan Kemampuan
Menulis Puisi dengan Teknik
Pengamatan Objek Secara Langsung
pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri
16 Semarang Tahun Ajaran
2005/2006”. Skripsi.Unnes.
Imron, Muhammad. 2010. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Kreatif Puisi
melalui Teknik Pelatihan Terbimbing
dengan Media Poster untuk Siswa
Kelas VII SMP N 2 Mranggen
Demak”. Skripsi. UNNES.
Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kastowo. 2009. Peningkatan Kemampuan
Menulis Puisi Keidahan Alam dengan
menggunakan Media Lukisan Beraliran
Naturalisme Siswa Kelas VIIF SMP
Negeri 13 Pekalongan. Skripsi. UNNES.
Leggo, Carl. 2009. Poetri of Place: Helping
Student Write Their Worlds.
Internasional Journal of Education & the
Arts. http: //www.ijea.org. Diunduh
27 Januari 2012.
Muchlisoh, dkk. 1996. Materi Pokok
Pendidikan Bahasa Indonesia 3.Jakarta:
Universitas Terbuka, Depdikbud.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian
Puisi Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Suharianto, S. 2005. Dasar-dasar Teori Sastra.
Semarang: Rumah Indonesia.
Waluyo, Herman J. 2000. Teori dan Apresiasi
Puisi. Jakarta: Erlangga.
Yuniasih. 2009. Peningkatan Kompetensi
Menulis Puisi melalui Teknik
Pembelajaran Simpan Pinjam pada Siswa
Kelas X-1 SMA N 2 Kendal. Jurnal yang
dimuat Januari 2009, Volume 1,
Nomor 1.