MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN

Main Article Content

Emy Purwanitaningrum
Subyantoro Subyantoro
Haryadi Haryadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses pembelajaran, mendiskripsikan perubahan perilaku, dan peningkatan hasil keterampilan membaca cepat menggunakan teknik tayang kilas dengan media film terjemahan pada siswa kelas VII C SMP N 2 Jepon. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran menjadi lebih kondusif  dan hasil tes sebesar 19% dari nilai rata-rata pada siklus I 66 menjadi 85 pada siklus II. Peningkatan ini diikuti perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif, mencangkup lima karakter yaitu perhatian siswa, respon, tanggung jawab, cara siswa menanggapi, dan aktivitas membuat catatan.

Formulation of the problem in this research is how to increase learning, behavior change, and the results of rapid reading skills using techniques with the medium of film running flash translation in class VII C SMP N 2 Jepon. The study design used classroom action research conducted in two cycles. The results showed an increase of 19% from the average value in the first cycle 66 to 85 on the second cycle. This increase was followed by a change in the learning process becomes more controlled and conducive, as well as changes in students' behavior in a more positive direction.

Article Details

How to Cite
Purwanitaningrum, E., Subyantoro, S., & Haryadi, H. (1). MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.4006
Section
Articles

References

Apriyanti. 2004. “ Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Membaca Super Gaya Accelerated Learning pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Dyson, Mary C. Dan Mark Haselgrove. 2000. “The Effect of Reading Spef and Reading Patterns on The Understanding of The Teks Read From Screen”. Journal of Research in reading. Volume 23. Universitas Negeri Semarang.

Fitriyanti, Umi. 2011. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat 200 Kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Haryadi. 2008. Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Maryadi. 2010. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat 250 Kpm Teks Berita Menggunakan Metode Gerak Mata Pola Horisontal melalui Model Membaca Timbal Balik pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Ambarawa Kabupaten Semarang”. Skripsi .Universitas Negeri Semarang.

Murdiyani, 2011. “ Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Menggunakan Metode Kalimat Media Teks Berjalan (Marquee) Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Cepiring Kecamatan Cepiring”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemmapuan membaca?. Malang: Sinar Baru Algesindo.

Rasinski, Timothy dan Lisa Lenhart. 2000. “Explorations of Fluent Readers”. http://www.reading.org/General/Publications/ReadingToday/RTY-0712 explorations.aspx. diunduh pada 19 Januari 2012.

Waingwrighat, Gordon. 2001. ‘Seed Reading Better Recording”. Terjemahan Heru Sutrisno. 2006. Manfaatkan Teknik-teknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingatkan secara Maksimal. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum.