Pengembangan Buku Pengayaan Membaca Teks Berita Bohong Bidang Bencana Alam

Main Article Content

Lutfia Felasifah
Subyantoro Subyantoro

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan  untuk mengembangkan buku pengayaan Membaca Teks Berita Bohong Bidang Bencana Alam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan R&D (Research & Development). Buku pengayaan dikembangkan berdasarkan data angket kebutuhan dan wawancara terhada peserta didik kelas VIII dan pendidik Bahasa Indonesia SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dan pendidik menginginkan buku pengayaan yang dikembangkan memuat materi yang lengkap, menggunakan bahasa yang komunikatif, dan desain buku yang menarik. Berdasarkan penilaian ahli, buku yang dikembangkan mendapatkan nilai kategori baik, dengan rerata nilai 75 pada bagian awal buku, rerata nilai 69,85 pada bagian isi buku, dan rerata nilai 75 pada bagian akhir buku.


Kata kunci: buku pengayaan, membaca, teks berita bohong


ABSTRACT


This study aims to develop an enrichment book Reading Fake News Text in the Field of Natural Disasters. This study used the R&D (Research &Development) approach. Enrichment books are developed based on the data of needs questionnaires and interviews of grade VIII students and Bahasa Indonesia educators of junior high school. . The results showed that students and educators wanted the enrichment book developed to contain complete material, use communicative language, and attractive book design. Based on expert assessment, developed books get a good category score, with an average score of 75 at the beginning of the book, an average score of 69.85 in the content section of the book, and an average score of 75 at the end of the book.


Keywords: enrichment books, reading, fake news text

Article Details

How to Cite
Felasifah, L., & Subyantoro, S. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Membaca Teks Berita Bohong Bidang Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 69-79. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v10i1.46586
Section
Articles