KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS CERITA PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS VIII

Main Article Content

Dewi Astuti

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini: (1) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII; (2) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek pengetahuan menyusun teks cerita prosedur peserta didik kelas VIII; (3) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek keterampilan menyusun teks cerita prosedur peserta didik kelas VIII. Penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design dengan kelas model berbasis proyek sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kompetensi sikap kemandirian, pengetahuan, dan keterampilan menyusun teks cerita prosedur kelas VIII dilihat dari hasil uji n-gain aspek sikap secara klasikal meningkat dengan kategori rendah  sebesar 0,26 aspek pengetahuan secara klasikal meningkat dengan kategori sedang sebesar 0,51 dan aspek keterampilan secara klasikal meningkat dengan kategori sedang sebesar 0,52.

 

The aim of this study is: ((1) determine whether the project-based learning model is effective in improving aspects of self-reliant attitude of learners class VIII student learning self-reliance in developing procedures story text; (2) determine whether the project-based learning model is effective in improving the knowledge aspect in developing procedures story text class VIII; (3) determine whether the project-based learning model is effective in improving the skills aspect of the developing procedures story text class VIII. This study used a Group Pretest-Posttest Design with class-based models that project as an experimental class VIII A. The results showed that the model of project-based learning effective in improving skill of the attitude of self-reliance, knowledge, and skills compose text VIII class procedures story seen from the results n-gain test aspects of classical attitude increases with lower category of 0,26 aspect of classical knowledge to the medium category increased by 0,51 and aspects of classical skills increase with the category being 0,52.

Article Details

How to Cite
Astuti, D. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS CERITA PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7360
Section
Articles

References

Damayanti, Ni Komang Ayu et al. 2014. ”Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja”. e-Jounal Universitas Ganesha. Vol 2.No 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Joko dan Rudi. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Motor Listrik”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 03. No 04 Hlm 783-788. Tahun 2015.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munawaroh, Rosyidatul et al. 2012. “Penerapan Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP” . Unnes Physics Education Journal.1 (1). Semarang: Unnes.

Purworini, Stavani Endah. 2006. ”Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit Of Mind Studi Kasus Di SMP Nasional KPS Balikpapan”.Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 1 No. 2. Balikpapan.

Rahman, Mahda Haidar. 2014. “Keefektifan Pembelajaran Menyusun Teks Cerita Pendek Dengan Model Quantum dan Project Based Learning (PBL) pada Siswa SMP”. Skripsi. BSI FBS Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thitivesa, Duangkamol. 2014. “The Academic Achievement of Writing via Project Based Learnig”. International Journal of Social,Behavioral, Educational, Economic and Management Egineering. Volume 8, Nomor 9 Tahun 2014.

Thitivesa, Duangkamol dan Abigail Melad Essien. 2013. “The Use of Project to Enhance Writing Skill.” World Academy of Science, Engineering and Technology. Vol: 7 Tahun 2013.