PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 2 AMBARAWA

Main Article Content

Prisma Meita Mustika
Hari Bakti Mardikantoro

Abstract

Peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media kliping pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kliping. Peningkatan proses pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kliping dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 13,73%, peningkatan terjadi dari baik menjadi sangat baik pada siklus II. Sikap spiritual peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 0,67%. Dari nilai rata-rata 2,82 berpredikat B- pada siklus I menjadi 3,49 berpredikat B+ pada siklus II. Peningkatan nilai sikap sosial peserta didik sebesar 0,2%. Pada siklus I terdapat nilai rata-rata sikap sosial peserta didik sebesar 3,35 dengan predikat B+ dengan kategori baik menjadi 3,55 berpredikat A- dengan kategori sangat baik pada siklus II, dengan begitu sikap peserta didik mengalami perubahan ke arah positif. Pengetahuan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kliping mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II tersebut sebesar 14,88 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 26,47%. Keterampilan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media kliping mengalami peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyusun teks eksposisi peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 10,62% dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 35,29%.

Skills improvement of composing exposition text use Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model with clippings media on students of VII C class in Junior High School 2 Ambarawa. This research use classroom action research design was implemented in two cycles (cycle I and cycle II). The results of this study is increasing the learning process, spiritual attitudes, social attitudes, knowledge, and skills of the students in composing the exposition text use CIRC learning model with clippings media. Learning process improvement of composing exposition text use CIRC learning model with clippings media from the first cycle to the second cycle is equal to 13.73%, the increase was good to very good in the second cycle. Spiritual attitudes of students increased by 0.67%. From the average value of 2.82 predicated B- in the first cycle to 3.49 predicated B + on the second cycle. Increasing the value of the student social attitudes by 0.2%. In the first cycle are the average value of the students social attitudes at 3.35 predicated B + with well category to 3,55 predicated A- with excellent category in the second cycle, so the attitude of students experience towards positive change. Knowledge of students in composing exposition text use CIRC learning model with clippings media was increased. Average increased of the first cycle to the second cycle by 14.88 and classical completeness increased by 26.47%. Skills of the students in composing exposition text use CIRC learning model with clippings media was increased the average value of the student skills in composing exposition text from the first cycle to the second cycle by 10.62% and classical completeness increased by 35.29%.

Article Details

How to Cite
Mustika, P., & Mardikantoro, H. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 2 AMBARAWA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7362
Section
Articles

References

Keraf, Gorys. 1986. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:UNM.

Pardjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Permendiknas. 2013. Permen no. 66 Tahun 2013. Jakarta : Depdiknas.
Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tarigan, Henry Guntur.1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.