PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA FLEKSIBEL DAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE

Main Article Content

Hangga Aria Adhi Pratama
Haryadi -
Tommi Yuniawan

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Gemuh. Hal ini karena siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam membaca cepat, dan kesulitan menemukan ide pokok tiap paragraf. Selain itu, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi membaca fleksibel dan metode think, pair, and share dalam pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok ini. Hasil penelitian menggunakan strategi dan metode pembelajaran tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran membaca cepat. Pada siklus I hasil nilai mencapai 74,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,6 meningkat 6,0 atau sebesar 8,04%. Peningkatan keterampilan membaca cepat ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif.

The problem that is raised in this study is the lack of students skiil in class VII H of SMP 1 Gemuh Kendal in speed reading. That  is because they are not interested in speed reading and difficulty to find main idea in each paragraph. On the other hand, the teacher still uses usual lecturing methode so that the students feel bored. Minimalize those lack, the writer used flexsible reading strategy and think, pair, share method in speed reading teaching. The result of research using strategy and method learning shows the impovement on speed reading learning process. In the cycle I the result is 74,6 than improves in cycle II become 80,6. So it rises for  about 6,0 or 8,04%. The improvement in speed reading also followed by the improvement of the student’s positive attitude.

 

Article Details

How to Cite
Pratama, H., -, H., & Yuniawan, T. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA FLEKSIBEL DAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7367
Section
Articles

References

Isjoni. Moh Arif, Ismail, dan Roslaili Mahmud. 2008. ICT untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. Ridwan dan Posmaria S. Sitohang. 2008. Pemanfaatan Blog untuk Bisnios, Hobby, dan Pendidikan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. The John Hopkins University: Printed in the USA.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur dan Aceng Ruhendi Saifullah. 1990. Membaca ddalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.