PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Main Article Content

Arifa Amalia
Mukh Doyin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan kebutuhan siswa dan guru terhadap buku panduan menyusun teks cerpen, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur instrinsik, dan (3) mendeskripsikan prototipe pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur intrinsik bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap. Buku panduan dikemangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks cerpen.

The purpose of this research are (1) the needs of students and teachers to arrange guide book to arrange short story text, (2) the principles of development Guide Book to Arrange Short Story Text that suit their needs, and (3) prototype Guide Book to Arrange Short Story Text for junior high school students. This research approach research and development (R & D) carried out by six stages. The guide book was developed to help improve the student’s ability to arrange text stories

 

Article Details

How to Cite
Amalia, A., & Doyin, M. (2015). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7388
Section
Articles

References

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heuken, Adolf. 2008. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumarini, Yusita. 2006. Analisis Teks dan Kode Interior Gereja Karya Tadao Ando “The Church of The Light” dan “Church on The Water”. Jurnal. Dimensi Interior Volume 4[1] Juni 2006.

Putra, Basuki Agus P. 2013. Penggunaan Teknik Akrostik Kompi 9 (K-9) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X-9 SMA Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2012/201. Jurnal. Nosi Volume 1 nomor 2 edisi Agustus 2013.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo dan Saini. 1991. Pengantar Cerpen Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakri.

Suparno dan Yunus. 2007. Keterampilan Menulis Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.