PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMAIN PERAN UNTUK PENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN

  • Rosnawati - Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • H.T Atmaja Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • P. Suhandini Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Problem-Based Learning, Role Playing, Patriotism, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan model pembelajaran berbasis masalah-bermain peran untuk meningkatkan rasa cinta tanah air siswa. Tujuan  penelitian ini untuk mendapatkan model pembelajaran yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Sistem pendukung model pembelajaran yang dikembangkan antara lain silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS), serta instrumen pembelajaran yang terdiri dari Lembar observasi, lembar angket pengukuran rasa cinta tanah air, dan lembar soal. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Muktiharjo Lor Genuk kota Semarang. Model pembelajaran yang dikembangkan tergolong valid. Respon positif siswa terhadap pembelajaran 80% dan guru memberi komentar yang baik, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan. Rasa cinta tanah air siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan pada kelas pembanding hanya mencapai kategori tinggi. Hasil belajar meningkat dengan kualitas peningkatan tinggi pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas pembanding meningkat dengan kualitas peningkatan pada kategori sedang.

 

The research focuses on the development of problembased learning-role playing model to enhance the students' patriotism. The purpose of this study was to obtain a valid learning model, effective and practical. The method is research and development. Support system of learning model developed include syllabus (planning for learning), Learning Implementation Plan (RPP), equipped with Instructional Materials Student Worksheet (LKS), as well as learning an instrument consisting of a sheet of observation, measurement questionnaire sheet of the students' patriotism, and the booklet. The study was conducted in fifth grade in SDN Muktiharjo Lor Genuk Semarang. Learning model developed relatively valid. The positive response of 80% of students towards learning and teachers gave good comments, so that the learning model developed practical use. The students' patriotism in the experimental class are at very high category, while in the comparative class (controll class) only reached the high category. Learning outcomes increased with the increase of high quality in the experimental class while in comparison class (control class) increases with the quality improvement in the medium category.

 

References

Hake, R.R. 1998. Interactive engagement methods in introductory mechanics courses. Departement of Physics, Indiana University, Bloomingtoon.

Hendriyanti, L., M. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Kelas V SD Bermuatan Cinta Tanah Air dengan metode Sosiodrama. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Hendrix, Eick & Shannon. 2012. The Integration of Creative Drama in an Inquiry-Based Elementary Program: The Effect on Student Attitude and Conceptual Learning. J Sci

Teacher Educ. Vol. 23:823–846.

Popham, William James. 1995. Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (7th

Edition). Established in USA.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

_______. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Motode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliastuti, Sari. 2013. Keefektifan Metode Bermain di Sentra Abita (Aku Bangga Indonesia Tanah Airku) dalam Meningkatkan Kemandirian dan Rasa Nasionalisme di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Zaini, H, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

How to Cite
-, R., Atmaja, H., & Suhandini, P. (1). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMAIN PERAN UNTUK PENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN. Journal of Primary Education, 4(2), 147-151. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/10977
Section
Articles