Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang memberikan karakter peduli lingkungan lebih berkembang dan hasil belajar IPA lebih baik antara pembelajaran berbasis masalah dengan bahan ajar berorientasi sumberdaya perairan dan pengajaran langsung dengan buku sekolah elektronik pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Juwana Kabupaten Pati 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes untuk hasil belajar kognitif, angket untuk karakter peduli lingkungan, observasi untuk hasil belajar afektif, psikomotor, dan karakter peduli lingkungan. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas, dengan α = 0,05dengan kondisi awal tidak berbeda nyata. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bahan ajar berorientasi sumberdaya perairan memberikan karakter peduli lingkungan lebih berkembang daripada pengajaran langsung dengan buku sekolah elektronik, dan 2) penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bahan ajar berorientasi sumberdaya perairan memberikan hasil belajar IPA lebih baik daripada pengajaran langsung dengan buku sekolah elektronik.