Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) menentukan hasil pencapaian perkembangan belajar anak dalam konsep membaca dan menulis permulaan menggunakan alat permainan manbota; 2) menentukan hasil pencapaian perkembangan anak dalam konsep membaca dan menulis permulaan menggunakan alat permainan kartu kata; 3) menentukan perbedaan hasil belajar konsep membaca dan menulis permulaan menggunakan alat permainan manbota dan kartu kata. Desain penelitian menggunakan eksperimen nonequevalen control group design. Hasil uji t kelompok eksperimen menggunakan alat permainan mandi bola kata diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes yang semula 17,26 berubah menjadi 30,33. Perkembangan hasil belajar mengenal konsep membaca dan menulis permulaan pada kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil uji t kelompok kontrol menggunakan alat permainan kartu kata diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes yang semula 19,66 berubah menjadi 22,73 mencapai kriteria mulai berkembang.  Simpulan penelitian ini adalah: 1) hasil pencapaian perkembangan anak dalam konsep membaca dan menulis permulaan menggunakan alat permainan mandi bola kata mengalami kenaikan 13.07 point; 2) hasil pencapaian perkembangan anak dalam konsep membaca dan menulis permulaan menggunakan alat permainan kartu mengalami kenaikan 3,07 point; 3) Keefektifan penggunaan alat permainan mandi bola kata untuk mengenalkan konsep membaca dan menulis permulaan ditunjukkan perkembangannya sudah mencapai tahap sesuai dengan harapan.  Sedangkan penggunaan  alat permainan kartu perkembangan kemampuan mengenal membaca dan menulis permulaan masih pada tahap mulai berkembang. Saran, guru menerapkan alat permainan mandi bola kata untuk membelajarkan konsep membaca dan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun.