Hartoyo, J. (1994). Musik Konvensional dengan “do†Tetap. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
Jelantik, I. G. L. (2016). Membangun Karakter Berbasis Pendidikan Seni Budaya di Sekolah. Mudra, 31(2), 178-186.
http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/29
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kusumastuti, E. (2010). Pendidikan Seni Tari melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1-15.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/61
Normalita, A., & Hartono. (2016). Proses Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Biola di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta Adityas. Catharsis: Journal of Arts Education, 5(1), 1-8.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/13067
Nugraha, R. G. A., Florentinus, T. S., & Utomo, K. B. (2018). Lagu Nusantara : Android Role Playing Game for Elementary School Music Learning. Journal of Primary Education, 7(4), 137-145.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/23055
Nurseto, G., & Wahyu Lestari, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis: Journal of Arts Education, 4(2), 115-122.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/10285
Pratama, Y. H. (2015). Pembelajaran Ansambel Musik Melalui Pendekatan Apresiasi dan Ekspresi di SMPN 27 Semarang. Jurnal Seni Musik UNNES, 4(1), 25-29.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/10285
Purwadi. (2013). Pembelajaran melalui Bernyanyi untuk Menstimulasi Sikap dan Perilaku Musikal Anak pada Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education, 2(1), 15-20.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/2730
Russel, J. A., & Austin, J. R. (2010). Assessment Practices of Secondary Music Teachers. Journal of Research in Music Education, 58(1), 37-54.
https://www.jstor.org/stable/40666230
Subali, B., Idayani, & L. Handayani. (2012). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 26-32.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1991
Subandi, D., Julia, & Gusrayani, D. (2017). Strategi Pembelajaran Musik Ansambel melalui Media Gamelan Degung pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 721-730.
http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10111
Sularso, P., & Maria, Y. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1-12.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1181
Sumaryanto, F. T., & Utomo, U. (2015). Forms, Development and The Application of Music Media in The Kindergartens: A Comparative Study of Two Kindergartens. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 15(2), 101-106.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/4099
Sunarto & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Syarif, A., Wahyu, & Sarbani. (2017). Kesenian Musik Panting Dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 1-15.
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4243
Torrance, T. A., & Bugos, J. A. (2017). Music Ensemble Participation: Personality Traits and Music Experience. Update: Applications of Research in Music Education, 36(1), 28-36.
http://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/8755123316675481
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Utomo, U. (2013). Analisis Kebutuhan Guru Seni Musik Berbasis Action Learning Di Sekolah. Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 13(2), 110-119.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2777
Utomo, U., & Sinaga, S. S. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Musik Berbasis Seni Budaya Berkonteks Kreatif, Kecakapan Hidup, Dan Menyenangkan Bagi Siswa SD/MI. Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 9(2), 17–29.
https://www.neliti.com/id/publications/62525/pengembangan-materi-pembelajaran-seni-musik-berbasis-seni-budaya-berkonteks-krea
Virganta, A. L., & Sunarto. (2015). Bentuk Nyanyian Rakyat Dalam Seni Sastra Senjang di Kabupaten Musi Banyuasin. Catharsis: Journal of Arts Education, 4(2), 123-129.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/13116