Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51. Retrieved from
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/669
Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186-196. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/19718
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116-128. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/17071
Dewi, I. P. M., Suryadarma, I. G. P., Wilujeng, I., & Wahyuningsih, S. (2017). The Effect of Science Learning Integrated with Local Potential of Carving and Pottery Towards The Junior High School Students Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 103-109. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/9598
Fadillah, A., Dewi, N. P. L. C., Ridho, D., Majid, A. N., & Prastiwi, M. N. B. (2017). The Effect of Application of Contextual Teaching and Learning (CTL) Model Based on Lesson Study with Mind Mapping Media to Assess Student Learning Outcomes on Chemistry on Colloid Systems. International Journal of Science and Applied Science, 1(2), 101-108. Retrieved from
https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/5128
Hairida. (2017). Using Learning Science, Environment, Technology and Society (SETS) Local Wisdom and Based Colloids Teaching Material. Journal of Education, Teaching and Learning, 2(1), 84-89. Retrieved from
http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/article/view/146
Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Khoerunnisa, R. F., Murbangun, N., & Sudarmin. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45-53. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/13241
Lia, R. M., Udaibah, W., & Mulyatum. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418-1423. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13174
Miranita, K., Parmin & Sudarmin. (2017). Local Local Wisdom-Based Science Learning Model through Reconstruction of Indigenous Science to Improve Student’s Conservationist Character. Journal of Turkish Science Education, 14(3), 16-23. Retrieved from
http://www.tused.org/internet/tused/archive/v14/i3/2-951.pdf
Mulyani, HRA. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Metro. BIOEDUKASI, 4(2), 114-121.
Mu’min, A. N., Sarwi, & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Simulasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar. Unnes Physics Education Journal, 4(3), 65-72. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/9979
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127. Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/14562
Pulungan, N. (2014). Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecakapan Hidup pada Materi Ekosistem di MTSS Al-Washliyah Lhokseumawe. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 3(1), 39-49. Retrieved from
http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jesbio/article/view/36
Rahayu, S., Rasna, I. W., & Artawan, G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2, 1-13. Retrieved from
http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/583
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 2(2), 37-47. Retrieved from
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/167
Sarie, F., Rahayu, E., & Isnaeni, W. (2017). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Bervisi SETS dalam Mengoptimalkan Multiple Intelligence dan Hasil Belajar. Journal of Primary Education, 5(2), 81-87. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/12896
Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin. (2017). The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 49-54. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/9595
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sunarsih, A., Sukarmin, & Sunarno, W. (2017). The Impact of Natural Science Contextual Teaching Through Project Method to Students’ Achievement in MTsN Miri Sragen. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 45-50. Retrieved from
https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16676
Suryawati, E., Osman, K., & Maerah, T. S. M. (2010). The Effectiveness of RANGKA Contextual Teaching and Learning on Students’ Problem Solving Skills and Scientific Attitude. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 1717-1721. Retrieved from
https://core.ac.uk/download/pdf/82108171.pdf
Uus, T., Sri, H, & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instrument Based on Local Wisdom ToImprove Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 156-161. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/4228
Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 98-106. Retrieved from
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1051