Abstract

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pempelajaran sains di Kecamatan Rimbo Bujang belum optimal. Seba- gian besar guru belum menyusun dan menggunakan perangkat pembelajaran dengan metode discovery learning. Tujuan penelitian ini, mengembangkan perangkat pembelajaran metode dis- covery learning untuk pemahaman sains pada anak yang valid dan efektif. Penelitian ini meru- pakan penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan. Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa Kelas TK B di Kecamatan Rimbo Bujang Kota Jambi tahun 2012/2013. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran metode discovery learning untuk pemahaman sains anak TK B berupa silabus, RKH, bahan ajar, LKA, dan penilain pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui: lembar validasi; lembar pengamatan; dan penilaian pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan ana- lisis deskriptif, dan inferensial menggunakan desain Pre-test and Post-tes Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran tergolong valid. Keefektifan perangkat dilihat dari hasil belajar anak. Hasil belajar kognitif anak setelah diterapkan pemb- elajaran metode discovery learning untuk pemahaman sains anak mengalami peningkatan yang signifikan dibanding sebelum diterapkan pembelajaran metode discovery learning. Simpulan dari penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran metode discovery learning untuk pemaha- man sains anak TK B yang dikembangkan valid dan efektif.

 

Abstract

Implementation of activities in the district science pempelajaran Single Rimbo not optimal. Most of the teachers do not prepare and use the learning to discovery learning method. The purpose of this study, developed a method of discovery learning tools for understanding science learning in children valid and effective. Development of learning device discovery learning method conducted in accordance with the Thiagarajan development model. The subjects are students of kindergarten B in Rimbo Bujang, Jambi in academic year 2012/2013. Disseminate phase is not implemented. The learning devices developed are syllabus, RKH, instructional materials, LKA and learning assessment. Data are obtained through: validation sheet; observation sheets, and assessment of learning. Data analysis technique is descriptive analysis and inferential uses Pre-test and Post-test Group. The results showed that the development of learning tools considered valid. The effectiveness of the views of children’s learning outcomes. Cognitive learning outcomes of children after the applicable discovery learning method for understanding science learning children experience a significant improvement compared to before the discovery learning method applied learning. Conclusions from this research that the discovery learning method for understanding science learning kindergarten children who developed B valid and effective.