Abstract

Proses pembelajaran dalam KTSP memerlukan pengembangan perangkat pembelajaran. Observasi yang peneliti lakukan di kelas IV pada lima sekolah dasar, 80% guru tidak membuat perangkat pembelajaran sendiri, 60% SD masih menggunakan perangkat pembelajaran teacher center, dan 50% belum mengembangkan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang sesuai dengan indikator. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Hasil Penelitian menunjukan: (1) pengembangan perangkat pembelajaran learning cycle 7E menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid. Skor rata-rata validasi ahli terhadap silabus 3,6 (sangat baik), RPP 3,7 (sangat baik), bahan ajar 3,5 (sangat baik), LKS 3,6 (sangat baik), dan evaluasi  3,5 (sangat baik). (2) implementasi perangkat  pembelajaran yang valid terbukti efektif karena setelah diberi perlakuan menggunakan model learning cycle 7E terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan ekperimen dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan peningkatan hasil N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 yang menunjukan kriteria sedang. (3) Berdasarkan analisis kuisioner, perangkat pembelajaran yang  praktis dapat diterima oleh siswa dan guru sebesar 80% dan 80%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran IPA model learning cycle 7E adalah valid, efektif, dan praktis.

The learning process in school based curiculum requires the development of learning instrument. The observation that researcher done on fourth grade at five Elementary Schools, 80% of teachers do not make their own learning device, 60% of  school teachers still use the teacher learning center, and 50% have not yet developed learning tools to improve critical thinking skills in accordance with the indicators. This study use a model of development Plomp in order to obtain a valid learning device, effective, and practical. The result of research showed (1) the development of learning device learning cycle 7E a valid learning tool. The average score of expert learning on syllabus 3,6 (very good), RPP 3,7 (very good), learners book 3,5 (very good), the performance test sheet 3,6 (very good), and evaluation sheet 3,5 (very good). (2) Implementation of valid learning tool proven effective because after being treated using the model 7E learning cycle there is a difference between the control and experimental classes with significant value of 0.02 < 0.05 and increased yield of N-gain experimental class of 0.62 which indicates the medium criteria. (3) Based on the analysis of questionnaires the practical learning device, can be received by students and teachers  80% and 80%. The conclusions of this reserch is Developing Learning Instrument for scientific with learning cycle 7E are valid, effective, and practical.