Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) apakah ada perbedaan skor tes antara pembelajaran daur air menggunakan model scramble berbantuan CD dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah berbantuan CD; 2) apakah ada perbedaan antara skor keaktifan dan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran daur air menggunakan model scramble berbantuan CD dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah berbantuan CD; 3) apakah ada hubungan antara keaktifan dan skor tes siswa dalam pembelajaran daur air menggunakan model scramble berbantuan CD; 4) apakah ada hubungan antara keterampilan proses dan skor tes siswa dalam pembelajaran daur air menggunakan model scramble berbantuan CD. Hasil uji t skor tes, keaktifan, dan keterampilan proses diperoleh t hitung ≥ t tabel, maka hipotesis yang menyatakan ada perbedaan skor tes, keaktifan, dan keterampilan proses antara pembelajaran menggunakan model scramble berbantuan CD dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah berbantuan CD diterima. Hasil uji korelasi diperoleh r hitung ≥ r tabel, maka hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara keaktifan dan keterampilan proses dengan skor tes dalam pembelajaran menggunakan model scramble berbantuan CD diterima. Jadi, ada perbedaan dan hubungan antara skor tes, keaktifan, dan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran daur air menggunakan model scramble berbantuan CD dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah berbantuan CD.

The purpose of this study was to analyze: 1) there is a difference between test scores in learning water cycle using CD-assisted scramble and CD-assisted lecturing method; 2) there is a difference in activeness and process skills scores of students in learning water cycle using CD-assisted scramble and CD-assisted lecturing method; 3) there is a correlation between activeness and test scores of students in learning water cycle using CD-assisted scramble; 4) there is a correlation between process skills and test scores of students in learning water cycle using CD-assisted scramble. The t test results of test scores, activeness, and the process skills obtainedt value ≥ t table, so the hypothesis that states that there is deference between the test scores, activeness, and process skills between learning using CD-assisted scramble and learning using CD-assisted lecturing is accepted. The correlation test results obtained r value ≥ r table, so the hypothesis which states that the relationship between activeness and processing skill with test scores in learning using CD-assisted scramble model is accepted. So, it means that there is a difference and correlation between the test scores, activeness and process skills in learning water cycle  using CD-assisted scramble model and CD-assisted lecturing method.