Abstract

Abstrak
Perkembangan motorik pada anak Taman Kanak-kanak lebih terfokus pada
penyempurnaan perkembangan keterampilan motorik kasar dan halusnya. Banyak
anak menjadi tidak percaya diri dan merasa dikucilkan dari kelompoknya akibat
dari keterampilan motoriknya yang tidak berkembang dengan baik. Fisik motorik
anak dapat dipacu dengan berbagai macam cara, diantara salah satunya dengan
pembelajaran tari. Tujuan penelitian: Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan
proses pengembangan fisik motorik anak dalam pembelajaran tari. Penelitian ini
mempergunakan metode kualitatif, pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi
dan wawancara. Hasil penelitian: 1) Proses pembelajaran tari menggunakan metode
Imitasi dan metode Demonstrasi, 2) Proses pengembangan fisik motorik ketika anak
melakukan gerakan tari. Saran: agar kegiatan pembelajaran tari sebagai kegiatan
pembelajaran Intra kurikuler dapat ditingkatkan.

abstract

Motor development of  children in early childhood were more focused on the improvement of  the
gross and fine motor skills development. Many Children become not confident and feel isolated
from their peers as a result of  their motor skills are not developed well. Physical child’s motor
can be driven in various ways, among the one with the dance learning The objectives of  the
experiment are to describe and explain process of  children’s physical motor Development in dance
learning. This study uses qualitative approach with observation, documentation, and interview
method for collecting data. Results: 1) Physical motor development process in dance learning
uses imitation and demonstration method, 2) The process of  physical motor Development when
the Children doing dance movements. Suggestion: Dance learning activity in kindergarten as
intra curricular learning activity has to be increased.