Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) menciptakan alat ring basket multiguna untuk pembelajaran pejasorkes tingkat sekolah dasar di Kota Semarang dan (2) menghasilkan pengembangan alat yang efektif (3) memberikan produk yang, murah, mudah dan aman. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi beberapa tahapan, yaitu; (1) menganalisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produkawal; 3) validasiahli; 4) uji coba lapangan; 5) revisi produk; 6) hasil akhir; dan 7)data keefektifan produk pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan produk berupa; kuesioner dan pedoman wawancara. Subjek dan tempat penelitian adalah guru penjasorkes dan siswa Sekolah dasar di Kota Semarang. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “Sangat Baikâ€, dengan rerataskor 4,32. Penilaian dari ahli alat adalah “Sangat Baik†dengan rerata skor 4,39. Pada ujicoba terhadap guru penjasorkes“ Sangat Baik†dengan rerataskor 92%. Pada ujicoba kelompok kecil “Sangat Baik†dengan rerata skor 89%.Pada ujicoba kelompok besar “Sangat Baik†dengan rerata skor 91%.Uji efektivitas produk ring basket multiguna dengan rerata keseluruhan adalah “Sangat Baik†yaitu 83,5%. Simpulan dan saran dari penelitian adalah menghasilkan produk pengembangan alat ring basket multiguna bagisiswa SD yang efektif untuk digunakan. Saran bagi guru penjasorkes agar produk aplikasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dibolabesar.